Sejarah lukisan Alfons Mucha "Spring"

Mei 03, 2021

 

Sejarah lukisan Alfons Mucha "Spring"

 

 

Nama seniman Alfons Mucha di Rusia tidak begitu terkenal, tetapi di luar negara modennya yang asli dan unik benar-benar menjadi simbol gaya pada pergantian abad keemasan dan perak. Oleh kerana Mucha belajar dan tinggal di Paris selama bertahun-tahun, dia sangat akrab dengan Van Gogh dan Paul Gauguin, dia sering keliru dengan orang Perancis, namun, artis itu dilahirkan di Moravia, dia adalah orang Czech Moravia sejak lahir, dan dia menumpukan bertahun-tahun untuk orang asli Czechoslovakia. warisan.

Dia memulakan simbol seni masa depan dengan penciptaan ilustrasi dan reka bentuk beberapa cetakan di Paris. Karya-karya minyaknya diterjemahkan ke dalam potongan kayu, gaya lukisan unik yang bersih Mucha sangat kagum oleh pengacara komersial untuk seni itu, dia dipesan poster teater dan poster iklan untuk pelakon dan produksi.

Ketenaran dan kemasyhuran datang kepada artis dengan poster perdana untuk drama ini, di mana Sarah Bernard yang cemerlang memainkan peranan utama. Pelakon terkenal sangat menyukai poster itu sehingga dia membuat kontrak dengan Mukha selama enam tahun, memerintahkannya juga elemen kostum dan hiasan. Karya seninya mula diterbitkan dalam poster, kad pos, kalendar, setiap salun fesyen, bengkel kreatif, boudoir wanita sosialit dan dewan restoran berprestij dihiasi dengan panel sutera dan cetakan dari lalat.

Gaya Art Nouveau, di mana Mucha membuat subjek grafiknya yang unik, segera dikenali sebagai gaya Mukha. Tema utama karyanya adalah wanita mewah, cantik, cantik, dikelilingi oleh banyak bunga dan tumbuhan yang rumit, dibuat dalam tafsiran oriental yang terperinci. Keplastikan tokoh yang luar biasa, daya tarikan dan daya tarikan yang luar biasa dari gadis-gadis dan wanita Mukhina yang mempesonakan menjadikannya terkenal sebagai penyanyi kecantikan wanita. Lalat membuat beberapa kitaran tematik mengenai musim, bunga, pokok, bintang, di mana dia dapat membuang seluruh kekaguman dan pemujaan terhadap kekuatan yang indah.

Lithograph Spring adalah salah satu subjek kitaran Musim, di mana kecantikan Slavia yang lembut dan langsing bermain di atas sejenis lyre, dibengkokkan dari dahan panjang pohon, dikelilingi oleh kicauan burung dan ceri berbunga. Rambut keemasan yang terang berserakan dengan lidah yang hangat di belakangnya, jubah nipis yang mengalir kusut di kakinya yang telanjang, melekat pada dahan dengan bunga-bunga segar. Tidak ada kegelisahan, tekanan emosi, semuanya dipenuhi dengan kebahagiaan, kemenangan hidup dan cahaya matahari yang tidak berkesudahan.

 

 

 BIOGRAFI MUCHA

 Alphonse Mucha lahir di kota Ivanchitsa (Moravia) pada 24 Juli 1860.
Pada tahun 1885, Alphonse Mukha memasuki Akademi Seni Munich sekaligus pada kursus ketiga dan setelah dua tahun kelas berangkat untuk menyelesaikan pendidikannya di Paris, di sekolah seni Julien. Di ibukota Prancis, ia dipaksa untuk mendapatkan uang untuk menggambarkan majalah mode dan periodik lainnya. Tapi dia tidak berhenti belajar dan meningkatkan bakatnya.
Alfonso Muha mencapai kesuksesan pertama pada tahun 1894, mengikuti litograf dari poster Bernard dan Teater Renaissance. Kontrak enam tahun disimpulkan dengannya. Pada periode yang sama, Alphonse Muha membuat pertunjukan dan berpartisipasi dalam penciptaan kostum.

 Kirimkan dengan posisinya untuk pertunjukan Teater Renaissance, Paris Theatre S. Bernard ("Zhismond", 1894; "Nyonya dengan Camelia" A. Duma-Son, 1896; "Lorenzacho" A. De Musse, 1896; "Medea" EURIPID, 1898). Sebagian dilakukan sebagai perancang produksi ini: tidak hanya gaun yang dibuat pada sketsa-nya, tetapi juga perhiasan panggung. Dimasukkan dari pori ini ke jumlah seniman terkemuka iklan Perancis; Komposisinya dicetak di majalah atau dalam bentuk poster - dengan sosok yang konstan atau kepala seorang wanita lesu, tenggelam di dunia mewah dan botak motel. Dalam "gaya lalat" yang sama, seri grafis berwarna-warni ("Musim", 1896; "Bunga", 1897; "Bulan", 1899; "Bintang", 1902; Semua Pekerjaan - Cat Air, Maskolor, Feather), yaitu Mereka direplikasi dalam bentuk poster seni.

 Satu demi satu diadakan oleh pamerannya, ulasan antusias muncul. Artis menjadi pemilik bengkel besar baru, ia mengadopsi cahaya tertinggi - dalam sepatah kata pun, ia datang untuk menghormati kemuliaan. Alphonse Fly menciptakan gaya "Art Nouveau", yang menjadi perwujudan eranya, tetapi pada saat yang sama ia masuk ke lingkaran ganas pesanan komersial. Namun, hari ini karya-karya ini dibuat olehnya dalam periode PARIS dianggap sebagai kontribusi paling berharga bagi Perbendaharaan Seni Dunia.

Selain karya grafis dan gambar, gambar, patung, dan perhiasan, Alphonse Muha menciptakan proyek-proyek arsitektur. Salah satunya adalah desain desain dan dekorasi dekoratif paviliun Bosnia dan Herzegovina di pameran dunia di Paris pada tahun 1900.

 Pada tahun 1906, alphonse Flye pergi ke Amerika untuk mendapatkan uang yang diperlukan untuk realisasi impian seluruh kehidupan kreatifnya: menciptakan lukisan untuk kemuliaan tanah air mereka dan semua Slavia. Pada tahun yang sama, ia menikahi muridnya dari Maria Chitilova, yang ia sukai dan yang lebih muda selama 22 tahun.

 

 Pada tahun 1910, ia kembali ke Praha dan semua kekuatannya berfokus pada "Slavic Epic". Siklus monumental ini ditransfer kepada mereka sebagai hadiah kepada orang-orang Ceko dan kota Praha, tetapi tidak berhasil dalam kritik. Setelah proklamasi Republik pada tahun 1918, Alphonse Mukhu dipercayakan dengan pembuatan perangko ongkos kirim Cekoslowak pertama, tanda-tanda moneter dan lambang negara.
Alphonse Muha meninggal pada 14 Juli 1939 - tepat 4 bulan setelah pendudukan Republik Ceko dan pasukan Moravia Nazi dan 10 hari sebelum peringatan tujuh puluh tahun.

Alphonse Fly. Mengubah "Bumi" dalam seni

 "Kurangnya bakat absolut" - jawaban tanpa harapan yang diterima Alphonse Maria terbang dari manfaat Profesor ketika ia mencoba memasuki Praha Academy of Fine Arts untuk pertama kalinya. Tidak mungkin bahwa pemuda itu sendiri dan profesor yang dihormati dapat membayangkan betapa suksesnya yang luar biasa di seluruh dunia akan digunakan oleh pameran terbang.
Dan kita sendiri dapat memastikannya baru-baru ini: dari 6 Desember hingga 23 Februari di Moskow, di Museum Koleksi Pribadi (cabang GMIA. Sebagai pushkin), pameran alphonse lalat "Bunga dan Mimpi Art Nouveau" mengambil tempat.

 

Karya grafisnya adalah kontribusi awal untuk gerakan, merampas seni dalam kehidupan sehari-hari.
Renata Ulmer.

Pecinta kreativitas seniman Ceko, meskipun musim dingin Moskow dingin, berbaris dalam antrian panjang. Frozing akhirnya, saya masuk ke sebuah ruangan kecil, di mana karya-karya seniman terkenal dipamerkan.

Itu bagus untuk kejutan saya ketika ternyata "karya" sebagian besar - hanya poster dan poster periklanan kertas rokok, bir atau sepeda. Namun terlepas dari ini, masing-masing karya adalah karya seni nyata. Pada salah satu dari mereka, motif pusat yang indah adalah seorang wanita: sosok bergaya seorang wanita yang luar biasa atau gadis pemalu, di suatu tempat bermimpi dan bahkan agama, di suatu tempat rampunya dan percaya diri. Tetapi setiap pekerjaan adalah anggun, kehalusan dan rahmat. Lalat itu mengungkapkan dalam karyanya selera estetika waktunya, pencarian artistik dari pergantian abad Xix-xx terlihat di dalamnya. Saat ini gaya baru lahir - "modern", atau "ar Nouveau" (dari seni Prancis Nouveau - "Seni Baru").

Tapi lalat itu bukan hanya perwakilan dari gaya baru; Mereka mengatakan tentang karyanya: "Gaya terbang". Karya-karyanya mudah dikenali di antara banyak lainnya, bahkan di antara mereka yang terus terang mencoba menyalin artis. Gayanya adalah keharmonisan garis dan warna; Setiap item ada selaras dengan detail lain. Dan seluruh lembar pesawat terorganisir dengan luar biasa. Ketika Anda mempertimbangkan gambar secara umum atau salah satu detailnya, tidak meninggalkan perasaan integritas dan subordinasi ke satu rencana.

Tetapi yang paling luar biasa di seluruh pameran adalah, menurut saya, sebuah ruangan kecil di mana hanya foto dari model-model yang digantung dari mana lukisan itu menulis lukisan mereka. Datang dan merica ke setiap foto foto, tanpa banyak kesulitan, Anda dapat mempelajari poster-poster iklan yang digambarkan - dan ditransformasikan - satu atau wanita lain. Ya, sebenarnya ditransformasikan, itu mengakuisisi beberapa kehalusan khusus, "semangat lalat" khusus. Seorang gadis biasa di foto menjadi keindahan nyata pada poster, dengan karakternya, highlight-nya, keunikannya. Rambut berubah menjadi ikal keriting, secara tak terlihat berubah menjadi ornamen secara keseluruhan, lipatan gaun menekankan pergerakan seluruh komposisi. Bahkan bunga-bunga mulai tumbuh, memutar di garis yang luar biasa, dan merokok dari kerudung transparan rokok melempar model rambut.

 

Berkat bakat lalat untuk dibuat dari hal-hal sederhana. Seni poster berhenti dianggap sebagai sekunder. Dan dia benar-benar menjadi terkenal berkat poster, yang dibuat oleh Order of Sarah Bernard ke spektral "Zhismond". Untuk satu malam (!) Diciptakan apa yang membuat sensasi nyata di jalan-jalan Paris. Itu adalah terobosan, titik balik di tambang Alfons terbang. Setelah itu, proposal ditaburi, sebuah kontrak ditandatangani dengan seorang aktris selama enam tahun, dan ketenaran artis menyimpang jauh melampaui batas-batas Paris ...

Dan ingat, mengapa semuanya dimulai? Dengan upaya yang gagal memasuki Prague Academy of Fine Arts. Keinginan yang tak tertahankan untuk belajar, untuk menciptakan dan mendapatkan pendidikan seni riil membawanya ke Akademi Seni Munich, setelah lulus - ke Akademi Seni Praha dan, akhirnya, ke Akademi Kolasrasi. Pada bulan Februari 1897 di Paris, di lokasi kecil galeri swasta "La Bordiniere", pameran pertamanya terbuka - 448 gambar, poster, dan sketsa. Dia menikmati kesuksesan luar biasa, dan segera penghuni Wina, Praha dan London dapat melihat semua ini juga. Replikasi massal dari karya-karya lalat dimulai: mereka dikeluarkan dalam lukisan, kartu pos yang dirilis, kalender. Karya seniman dapat ditemukan baik di salon borjuis dan Budio Ladies dan pada kursus poster dan di rumah-rumah sederhana. Fashionista Paris mengenakan perhiasan yang dilakukan oleh sketsa artis. Georges Fukhu - The Paris Jeweller dari waktu itu - terinspirasi oleh produk yang dihiasi dengan wanita di poster terbang, dan bahkan menciptakan seluruh koleksi perhiasan pada sketsa-nya. Tetapi selain karya-karya besar dan serius, artis harus memenuhi pesanan seperti merancang permen iklan dan sabun, kertas rokok dan minuman.

Namun, untuk semua kemuliaan ini dan pengakuan lalat bermimpi seorang teman. Dia ingin menjadi pelukis bersejarah, dan gelar dekorator berbakat tidak menginspirasi dia sama sekali. Mimpi besarnya (dan dia bahkan mempertimbangkannya dengan tujuannya) adalah ciptaan karya yang ditujukan kepada orang-orang Slavia, begitu panas bagi mereka. Dan terbang, yang terbiasa tidak mundur dari idenya, setelah 1910 ia mendedikasikan hidupnya untuk melakukan tugas ini. Dia mempelajari mitologi Slavia demi hari, sejarah bangsanya. Pada 1928, ia menciptakan "epopus Slavia" -nya, yang terdiri dari dua puluh kain monumental, di mana sejarah orang-orang Ceko digambarkan. Namun, publik terbiasa dengan lalat "lain" tidak menerima pekerjaan ini. Dan terlebih lagi, selera artistik berubah pada saat itu. Tetapi bagaimanapun, Muha tahu bagaimana melakukan apa yang sedikit berhasil: dia membuat keindahan dalam kehidupan sehari-hari, memaksa cara baru untuk melihat seni poster "sekunder" dengan cara yang baru. Alphonse Maria Muha menciptakan tidak hanya gambar nyata dan gambar yang indah, tetapi juga dibuat karya seni, hal-hal sederhana di sekitar kita.

 Saya keluar dari museum. Dari pintu masuk dan sampai berhenti adalah pergantian orang yang ingin melihat "karya seniman Ceko yang terkenal". Sepertinya mereka juga menunggu beberapa kejutan!

 

  

Alfons Maria Mucha / Alfons Maria Mucha (1860-1939) - seorang seniman Ceko yang luar biasa, Magister Poster Teater dan Iklan, Illustrator, Desainer Perhiasan. Salah satu perwakilan paling cerdas dari gaya modern. Di negara kita, nama artis Alfons Fleas diketahui sedikit. Sementara itu, itu benar-benar simbol melukis ujung "emas", awal abad-abad "perak" ... gayanya (dalam melukis, arsitektur, bentuk dekoratif kecil) dan disebut (dan disebut ini) - " Gaya". Atau - "Modern", "Yuggendstil", "Setzlezon". Nama itu berasal dari Prancis. Dan artis itu sendiri di Eropa kadang-kadang dianggap Prancis. Tapi itu tidak. Potret diri kiri artis.

Maxim Mrvitsa - Claudine


 

 

 

Pada tahun 1897, pameran pribadi pertama alfon kutu terjadi di Prancis. Pada saat yang sama, konsep "lalat betina" muncul: tidak ada hobi romantisnya dalam pikiran, tetapi kebiasaan menggambarkan musim, bunga, waktu hari, jenis seni, batu mulia, dll. Dalam gambar-gambar wanita. Perempuannya selalu dikenali: kesehatan yang anggun, cantik, bernapas baik, sensual, lesu - mereka direplikasi dalam kartu pos, poster, selebaran iklan, bermain kartu. 

Post Advertisement
Post Advertisement