soal pengantar pemahaman seni rupa
1. Manfaat utama dari pendidikan seni bagi siswa SMA adalah...
A. Meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.
B. Mengembangkan kreativitas, ekspresi diri, dan kemampuan berpikir kritis.
C. Hanya memberikan hiburan dalam waktu luang.
D. Mempersiapkan siswa untuk menjadi seniman profesional.
E. Membantu siswa lebih fokus pada mata pelajaran inti.
2. Apa yang dimaksud dengan pendidikan seni?
A Pendidikan yang hanya berfokus pada pelajaran matematika.
B Pendidikan yang mengajarkan teknik bertahan di alam liar.
C Pendidikan yang mengembangkan keterampilan seni bela diri.
D Pendidikan yang mengintegrasikan seni dan kreativitas dalam pembelajaran.
E Pendidikan yang hanya berfokus pada olahraga dan kebugaran.
3. Bagaimana pendidikan seni dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis?
A Hanya dengan mengajarkan teori filosofi.
B Melalui proses analisis, evaluasi, dan penilaian terhadap karya seni.
C Dengan memberikan tugas-tugas rumit dalam pelajaran seni.
D Melalui peningkatan kemampuan membaca dan menulis.
E Dengan membatasi eksplorasi gagasan.
4. Mengapa ekspresi diri dalam seni penting bagi perkembangan remaja?
A Hanya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tertulis.
B Tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada perkembangan remaja.
C Memungkinkan remaja menghindari tanggung jawab akademis.
D Hanya untuk mengisi waktu luang.
E Memungkinkan remaja mengungkapkan perasaan, ide, dan identitas pribadi.
5. Bagaimana pendidikan seni dapat membantu siswa dalam kemampuan kolaborasi?
A Melalui kerjasama dalam proyek seni, siswa belajar berkomunikasi, berbagi ide, dan memecahkan masalah bersama.
B Mengajarkan siswa untuk tidak berbicara selama kolaborasi.
C Dengan hanya fokus pada prestasi individu.
D Hanya dengan mengerjakan proyek seni secara individu.
E Dengan menghindari bekerja dalam kelompok
6. Salah satu manfaat utama dari pengembangan kreativitas melalui pendidikan seni adalah...
A Memaksa siswa untuk mengikuti petunjuk yang ketat.
B Mendorong siswa untuk berpikir inovatif, mengeksplorasi ide-ide baru, dan memecahkan masalah dengan cara yang unik.
C Hanya untuk mengisi waktu luang siswa.
D Menurunkan standar akademis untuk siswa.
E Mengajarkan pola pikir konvensional.
7. Apa yang dimaksud dengan "pengembangan ekspresi diri" dalam konteks pendidikan seni?
A Proses mengungkapkan perasaan, ide, dan identitas pribadi melalui kreativitas.
B Mempelajari sejarah seni populer.
C Melatih siswa untuk menggambar objek-objek alam.
D Hanya tentang mengikuti instruksi guru seni.
E Melatih siswa untuk berbicara dengan volume tinggi.
8. Bagaimana mengatur komposisi penataan karya seni rupa dua dimensi dalam pameran seni rupa ?
A Karya haruslah di tempatkan sejajar dengan mata pengunjung tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.
B Di tempatkan di atas lantai
C Karya di tempatkan di pojok ruangan
D Di tempatkan pada dinding yang luas untuk karya yang kecil ukurannya
E Bebas sesuai dengan kondisi ruangan
9. Bagaimana mengatur komposisi penataan karya seni rupa tiga dimensi dalam pameran seni rupa ?
A Di tempelkan pada dinding
B Ditempatkan di atas meja yang kokoh
C Karya haruslah ditempatkan pada area yang bisa di lihat dari berbagai sudut
D Di tempatkan di pojok ruangan
E Karya harus di tempatkan di atas meja yang luas permukaannya agar tidak jatuh.
10. Bagaimana pendidikan seni dapat membantu siswa mengatasi tekanan sosial?
A Memberikan cara alternatif bagi siswa untuk mengungkapkan emosi dan merasa diterima.
B Melalui mengurangi interaksi sosial siswa.
C Mengajarkan siswa untuk menyembunyikan perasaan mereka.
D Dengan hanya memberikan informasi tentang tekanan sosial.
E Dengan mengajarkan keterampilan berbicara di depan umum.
11. Manfaat dari acara pembukaan dalam sebuah pameran seni rupa adalah :
A Agar kegiatan pameran dapat di kenal di masyarakat
B Sebagai tanda bahwa kegiatan tersebut memiliki legalitas, resmi dan tercatat dalam agenda berkesenian.
C Menambah daya Tarik pengunjung pameran
D Dapat mendatangkan sponsor
E Menambah kualitas kegiatan pameran karena mendatangkan bintang tamu
12. Apa yang dimaksud dengan "pendidikan seni" dalam konteks pendidikan?
A Pendidikan yang hanya berfokus pada pelajaran matematika dan sains.
B Pendidikan yang mengajarkan berbagai seni bela diri.
C Pendidikan yang mengintegrasikan seni dan kreativitas dalam pembelajaran.
D Hanya pelajaran tentang sejarah seni.
E Pendidikan yang hanya berkaitan dengan olahraga.
13. Bagaimana pendidikan seni dapat membantu dalam mengembangkan kreativitas siswa?
A Dengan hanya mengajarkan teknik menggambar realistik.
B Mengurangi standar akademis yang ketat.
C Mendorong siswa untuk menghindari tugas-tugas akademis.
D Hanya dengan fokus pada prestasi individu.
E Mendorong siswa untuk berpikir inovatif, menghasilkan ide-ide baru, dan mencari solusi kreatif.
14. Bagaimana pendidikan seni dapat memengaruhi perkembangan sosial siswa?
A Dengan hanya mengajarkan teknik menggambar.
B Melalui meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum.
C Melalui kerjasama dalam proyek seni, siswa belajar berkomunikasi, bekerja dalam tim, dan berbagi ide
D Tidak memiliki dampak pada perkembangan sosial.
E Dengan membatasi interaksi sosial.
15. Bagaimana pendidikan seni dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis?
A Dengan hanya mengajarkan teori seni.
B Melalui mengurangi tugas-tugas akademis.
C Melalui proses analisis, evaluasi, dan penilaian terhadap karya seni.
D Mengajarkan cara berpikir linear.
E Hanya dengan mengerjakan tugas-tugas yang sederhana
16. Koleksi karya tugas-tugas siswa terbaik dan karya-karya siswa yang dibuat atas kehendak sendiri, di luar tugas yang diberikan oleh guru di sekolah adalah?
A Materi pameran seni rupa.
B Sumber pameran seni rupa.
C Inti pameran seni rupa.
D Pokok pameran seni rupa.
E Tujuan pameran seni rupa
17. Di dalam kegiatan pameran ada Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Seksi Kesekretariatan Seksi Usaha, Seksi Publikasi dan Dokumentasi, Seksi Dekorasi dan Penataan Ruang, Seksi Stand, Seksi Pengumpulan dan Seleksi Karya, Seksi Perlengkapan, Seksi Keamanan, Seksi Konsumsi, ini merupakah:
A Personil dalam kegiatan pameran.
B Susunan kepanitian dalam kegiatan pameran.
C Pelasana dalam kegiatan pameran.
D Susunan program dalam kegiatan pameran.
E Susunan sambutan dalam kegiatan pameran
18. Kualitas karya seni rupa ditentukan oleh....
A seniman
B bahan
C alat
D teknik
E semua benar
19. Ukiran yang mengandung simbol-simbol tertentu dan berkaitan dengan kepercayaan untuk kepentingan spiritual termasuk dalam fungsi ….
A kreasi
B ekonomis
C hias
D konstruksi
E magis
20. Cara mengatur objek, gambar, produk, atau unsur-unsur lainnya untuk mencapai hasil yang artistik, komunikatif, persuasif, dan proporsional disebut:
A Display pameran.
B Stand pameran.
C Artistik pameran.
D Ruang pameran.
E Spanduk pameran
21. Untuk meningkatkan apresiasi seni; membangkitkan motivasi berkerya seni; penyegaran dari kejenuhan belajar di kelas; berkarya visual lewat karya seni dan belajar berorganisasi, merupakan…
A Target pameran seni rupa sekolah.
B Fungsi pameran seni rupa sekolah.
C Ajang pamer karya seni rupa sekolah.
D Peran pameran seni rupa sekolah.
E Jendela pameran seni rupa sekolah
22. Di bawah ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kunjungan ke pameran atau galeri, kecuali...
A membuat laporan
B klasifikasi karya dasar
C menilai beberapa karya yang dianggap baik
D menambahi karya baru
E mencatat karya dan senimannya
23. Mengapa pendidikan seni penting dalam membantu siswa mengatasi tekanan sosial?
A Dengan memberikan cara alternatif bagi siswa untuk mengungkapkan emosi dan merasa diterima.
B Dengan mengajarkan teknik meditasi.
C Melalui memberikan hadiah kepada siswa yang memiliki masalah sosial.
D Hanya karena menyediakan waktu istirahat.
E Hanya dengan mengajarkan keterampilan olahraga.
24. Bagaimana pendidikan seni dapat memengaruhi kemampuan kolaborasi siswa?
A Dengan hanya mengajarkan kerja individu.
B Mengajarkan siswa untuk menghindari kerja dalam tim.
C Hanya dengan mengajarkan teknik menggambar.
D Dengan menghindari interaksi sosial.
E Melalui kerjasama dalam proyek seni, siswa belajar berkomunikasi, berbagi ide, dan memecahkan masalah bersama.
25. Bagaimana pendidikan seni dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berbicara di depan umum?
A Melalui pengalaman berbicara dan tampil di hadapan kelompok dalam konteks seni.
B Dengan menghindari kesempatan berbicara di depan umum.
C Hanya dengan fokus pada mata pelajaran inti.
D Hanya dengan memberikan tugas presentasi.
E Hanya dengan membaca buku-buku sastra.
26. Bagaimana pendidikan seni dapat memengaruhi pemahaman siswa terhadap keragaman budaya?
A Tidak memiliki dampak pada pemahaman budaya siswa.
B Hanya dengan mengajarkan seni lokal.
C Melalui memperkenalkan seni dari berbagai budaya, memperluas wawasan siswa.
D Hanya dengan membaca buku sejarah.
E Dengan mengajarkan keterampilan olahraga.
27. Pameran indoor adalah pameran yang dilaksanakan di ... ruangan
A Atas
B Tengah
C Samping
D Dalam
E Luar
28. Sarana meletakkan karya seni rupa dua dimensi adalah....
A Baliho
B Level
C Sketsel
D Meja
E Duduan
29. Bagaimana pendidikan seni dapat meningkatkan apresiasi terhadap seni dan budaya?
A Dengan hanya mengajarkan teknik menggambar.
B Dengan memperkenalkan siswa pada berbagai bentuk seni dan budaya.
C Hanya dengan membaca buku-buku sejarah.
D Dengan menghindari karya seni yang kompleks.
E Dengan mengabaikan seni rupa.
30. Bahan atau materi karya untuk kegiatan pameran seni rupa sekolah dapat berupa :
(1) Koleksi karya tugas-tugas siswa terbaik
(2) Hasil karya yang dibuat siswa secara mandiri,di luar tugas yang diberikan oleh guru
(3) Karya-karya siswa yang memenangkan lomba kesenirupaan
(4) Karya seniman lokal
(5) Karya siswa dari sekolah lain
Materi karya seni manakah yang paling tepat untuk kegiatan pameran di sekolahmu :
A (1), (3) dan (5)
B (1), (2) dan (3)
C (2), (3) dan (4)
D (3), (4) dan (5)
E Semuanya benar
31. Gambar dibawah ini merupakan sebuah ruang pameran degan jenis karya …
A Tiga dimensi
B Dua dimensi
C Dua dan Tiga dimensi
D Seni kriya
E Seni desain
32. Penampilan karya patung yang hanya menampilkan bagian badan, dada, pinggang dan pinggul disebut ….
A patung torso
B patung wajah
C patung dekorasi
D patung lengkap
E patung dada
33. Mengapa penting bagi siswa untuk memahami peran seni dalam sejarah dan masyarakat?
A Hanya agar mereka bisa membuat karya seni.
B Melalui mengajarkan sejarah seni saja.
C Tidak memiliki dampak pada pemahaman siswa terhadap masyarakat.
D Agar siswa mengerti bahwa seni hanya untuk hiburan.
E Dengan memperluas pemahaman siswa tentang budaya, nilai, dan pengaruh seni dalam sejarah dan masyarakat.
34. Dalam penyelenggaraan pameran, panitia menyediakan buku kesan dan pesan dengan tujuan untuk :
A Mengetahui jumlah pengunjung
B Mencatat identitas pengunjung
C Mengumpulkan jumlah tanda tangan
D Evaluasi tentang penyelenggaraan pameran
E Laporan pertanggungjawaban
35. Apa yang dimaksud dengan "ekspresi diri" dalam konteks pendidikan seni?
A Proses mengungkapkan perasaan, gagasan, dan identitas pribadi melalui karya seni.
B Menggambar gambar alam.
C Melatih keterampilan menyanyi.
D Hanya melukis dengan warna-warna cerah.
E Melatih bermain instrumen musik.
36. Di bawah ini yang bukan termasuk unsur-unsur senirupa adalah.
A Garis
B Bentuk
C Irama
D Warna
E Tekstur
37. Bagaimana pendidikan seni dapat memengaruhi perkembangan pribadi siswa?
A Tidak memiliki dampak yang signifikan.
B Membuat siswa lebih pendiam.
C Hanya dengan mengajarkan teknik menggambar.
D Membantu siswa mengungkapkan perasaan, ide, dan identitas pribadi secara positif.
E Membuat siswa terlalu emosional.
38. Bagaimana pendidikan seni dapat membantu dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis?
A Hanya dengan mengajarkan teori seni.
B Melalui mengurangi tugas-tugas akademis.
C Hanya dengan membaca buku-buku klasik.
D Melalui proses analisis, evaluasi, dan penilaian terhadap karya seni.
E Dengan menghindari tugas yang menantang.
39. Jenis material dalam seni rupa yang bersifat lunak dan dapat dibentuk sesuai degan kreatifitas adalah....
A air
B batu
C gamping
D kayu
E tanah liat
40. Di bawah ini teknik pembuatan karya seni tiga dimensi, kecuali...
A butsir
B plester
C aplikasi
D pahat
E cetak/cor
41. Nilai keindahan pada sebuah karya seni disebut...
A ekspresi
B etika
C apresiasi
D estetika
E kritik seni
42. Pernyataan yang tepat untuk menunjukan ciri seni rupa tiga dimensi adalah...
A dapat dinikmati satu arah
B berbentuk lembaran
C mempunyai ukuran panjang, lebar dan bervolume
D mempunyai dwi matra
E memiliki ukuran panjang dan lebar
43. Salah satu seniman patung indonesia adalah...
A Affandi
B Popo iskandar
C Nyoman nuarta
D Basuki abdullah
E Raden saleh
44. Karya seni rupa yang memiliki nilai kegunaan selain wujud fisiknya yang indah adalah.
A fine art
B seni lukis
C seni rupa
D karya seni murni
E karya seni terapan
45. Corak yang merupakan tiruan dari bentuk alam dinamakan ...
A Non geometris
B Realis
C Abstrak
D Deformatif
E Geometris
46. Patung ini dibuat dengan daya khayal pencipta dan tidak meniru bentuk yang ada di alam dinamakan.
A Non geometris
B Realis
C Abstrak
D Deformatif
E Geometris
47. Cabang seni rupa yang menggunakan teknik cetak dalam proses pembuatannya yaitu seni ....
A relief
B lukis
C grafis
D patung
E instalasi
48. Di bawah ini adalah unsur dasar seni rupa kecuali….
A ruang
B titik
C garis
D lukisan
E bidang
49. Salah satu aliran/gaya seni rupa yang penggambarannya sesuai dengan keadaan jiwa perupanya yang spontan pada saat melihat objek dinamakan....
A ekspresionisme
B kubisme
C surealisme
D impressionisme
E relisme
50 Gagasan yang dituangkan dalam bentuk gambar untuk dikembangkan lebih lanjut dinamakan ….
A karya
B sketsa
C kriya
D studi
E diari
.jpg)
Posting Komentar